Minggu, 14 Juni 2009

Webcam Acer 4530 Saya Tidak Mau Menyala!



Webcam Acer 4530 Saya Tidak Mau Menyala!
Ini merupakan pertanyaan yang tampaknya agak sering ditanyakan oleh para pengguna Acer 4530. Bahkan mungkin pertanyaan ini bisa dimasukkan ke dalam kategori paling sering ditanyakan. Kali ini saya akan mencoba membahas beberapa cara agar webcam tempat kita bernarsis ria bisa kembali menyala sebagaimana-mestinya.
Mengatasi Masalah Webcam 4530
Seperti sudah dibahas sedikit di atas, tampaknya webcam 4530 agak sedikit lebih rewel dibandingkan dengan webcam laptop kebanyakan. Cukup mengesalkan memang, apalagi jika kita sedang memerlukan webcam, tapi malah mendapati webcam kita tidak mau menyala, atau hanya menampilkan layar hitam di monitor kita.
Langkah Yang Bisa Dilakukan
Kita bisa “mengakali” masalah ini dengan cara menginstal hanya Acer Crystal Clear Utility saja, tanpa menginstal Driver Webcamnya.
Dalam DVD Driver bawaan Acer, kita akan mendapati 4 pilihan yang bisa diinstal untuk Webcam Acer 4530 kita (Untuk OS XP). Keempat daftar tersebut adalah:
1. Driver Webcam Acer Suyin (Suyin Camera)
2. Suyin Camera Utility Crystal Eye
3. Driver Webcam Acer Bison (Bison Camera)
4. Bison Camera Utility Crystal Eye
KIta hanya perlu menginstal Suyin Camera Utility Crystal Eye saja, tanpa perlu menginstal Driver Suyin Camera. Dengan cara ini, webcam 4530 tidak akan tampil di Windows Explorer, tetapi hanya dapat diakses melalui shortcut yang ada di desktop, atau melalui Start Menu.
Catatan: Driver yang kompatibel dengan Acer Aspire 4530 Indonesia adalah Suyin.
Agak mengurangi kemudahan akses memang, tetapi ini jauh lebih baik daripada mudah akses tanpa bisa dipakai.
Jika memang sudah terlanjur menginstal keduanya (baik Driver maupun Crystal Eye Utility), kita bisa menghapusnya (uninstal) dengan cara mengakses:
Klik kanan pada My Computer > Device Manager > Pada bagian Imaging Device > Klik kanan pada Acer Crystal Eye Webcam > Kemudian klik kanan > Uninstall.
Setelah itu Restart Notebook, kemudian barulah menginstal Suyin Camera Utility Crystal Eye.
Catatan: Pada Vista, tidak terdapat Driver Suyin Camera atau Bison Camera (hanya Crystal Eye Utility-nya saja)
Cara Pemakaian Webcam
Cara penggunaan Webcam pada Acer Aspire 4530 yang disarankan adalah dengan mengatur posisi kemiringan layar monitor pada sudut > 90° (layar diatur sedikit lebih ke belakang dari posisi tegak lurus).
Selain itu, karena kabel penghubung webcam 4530 yang agak sedikit sensitif, sebaiknya posisi layar tidak diubah-ubah saat sedang menggunakan webcam. Hal ini bisa mengakibatkan webcam akan menjadi blank (hitam), atau bahkan mati.
Jika Masih Belum Bisa
Jika cara-cara di atas sudah diterapkan namun layar masih belum bisa diaktifkan, pertama-tama coba periksa kembali apakah cara-cara di atas sudah dilakukan dengan tepat atau belum. Jika memang sudah diteliti dan tidak ada langkah yang terlewatkan atau langkah yang salah, solusi terakhir adalah membawa Acer 4530 anda ke Acer Service Center terdekat.
Ada juga kemungkinan bahwa tidak aktifnya webcam, terkait dengan pemakaian Operating System yang sedang digunakan. Tapi hal ini belum bisa dipastikan lebih lanjut.


2 komentar: